REPRESENTASI SISTEM ANALOG DAN SISTEM DIGTAL

Dalam ilmu pengetahuan, teknologi, bisnis, dan hampir semua bidang usaha yang lain, kita selalu berhubungan dengan kuantitas. Kuantitas adalah sesuatu yang terukur, termonitor, terekam dapat diubah secara aritmatis, teramati, atau dengan berbagi cara digunakan dalam kebanyakan sistem fisika. 

Hal yang penting ketika membicarakan berbagai macam kuantitas adalah bagaimana dapat mempresentasikan nilainya secara efektif dan akurat. Secara mendasar terdapat dua cara untuk mempresentasikan nilai kuantitas, yaitu secara analog dan secara digital.

1.   Representasi analog

Bentuk Isyarat Analog
Pada representasi analog kuantitas diwakili oleh tegangan, arus atau gerakan meter yang sebanding dengan nilai kuantitas. Sebuah contoh adalah spidometer kendaraan bermotor. 

Disini penyimpangan jarum sebanding dengan kecepatan kendaraan. Posisi melingkar jarum mewakili nilai kecepatan kendaraan dan jarum mengikuti perubahan kecepatan yang terjadi.

Contoh lain adalah temostat ruangan. Disini penyimpangan strip bimetal sebanding dengan suhu ruangan. Ketika suhu ruangan secara perlahan berubah, kelengkungan strip akan berubah mengikutinya.

Kuantitas yang disebutkan di atas mempunyai sebuah karakteristik penting, yaitu kuantitas tersebut dapat berubah pada semua jangkauan nilai. Kecpatan kendaraan bermotor dapat semua jangkauan nilai. Kecepatan kendaraan bermotor dapat mempunyai banyak nilai dari nol hingga 100 km/jam misalnya. Demikian juga, seperti terlihat grafiknya pada gambar dibawah ini. Keluaran penguat audio dapat bernilai berapa saja dari nol hingga 1000 mV (mis. 150 mV, 624 mV, 987 mV).

2.    Representasi  digital

Bentuk Isyarat Digital
Pada representasi digital kuantitas diwakili secara tidak proposional tetapi oleh lambang yang disebut digit. Sebagai contoh : jam digital yang menampilkan waktu dalam format digit desimal. Waktu berubah secara kontinu, tetapi pembacaan jam digital berubah secara tidak kontinu. Jam digital berubah langkah demi langkah perubahan per menit atau per detik. Dengan kata lain, representasi digital untuk waktu berubah dalam langkah diskret. Sebagai perbandingan, representasi waktu oleh jam analog berubah secara kontinu.

Perbedaan utama antara kuantitas analog dan digital, dapat dinyatakan secara sederhana ssebagai berikut :

Sistem Analog = kontinu

Sistem Digital = diskret (langkah demi langkah)

http://yhonif.blogspot.co.id/2015/12/representasi-numeris-secara-analog-dan.html
Gambaran Isyarat Analog

http://yhonif.blogspot.co.id/2015/12/representasi-numeris-secara-analog-dan.html
Gambaran Isyarat Digital

Isyarat analog mempunyai jangkauan kontinu, misalnya dari 0,00 mV hingga 1000,00 mV. Kuantitas analog merupakan kuantitas yang bersifat real, sehingga dapat mewakili hampir semua kuantitas di berbagai bidang kehidupan.

Isyarat digital tidak mempunyai jangkauan kontinu. Kuantitas digital diwakili oleh lambang. Karena keterbatasan jumlah lambang yang digunakan untuk mewakili kuantitas digital, tidak semua nilai kuantitas analog dapat diwakili oleh kuantitas digital. 

Representasi digital bersifat diskret. Nilai kuantitas analog hanya dapat didekati oleh sejumlah lambang yang mewakili kuantitas digital. Sebagai contoh pada gambar dibawah ini, jangkauan kontinu isyarat analog dari 0,00 mV hingga 1000,00 mV hanya diwakili oleh 4 lambang untuk kuantitas digital, yaitu : 0, 1, 2, dan 3.




http://yhonif.blogspot.co.id/2015/12/representasi-numeris-secara-analog-dan.html
Grafik Isyarat Analog terhadap Isyarat Digital

Adanya sifat diskret pada representasi digital menjadikan pada sistem digital tidak ada lagi ketidakpastian ketika membaca nilai suatukuantitas digital. Sementara itu, nilai kuantitas analog selalu terbuka terhadap penafsiran. 

Demikianlah artikel saya tentang Representasi sistem analog dan sistem digital. Jika Sobat merasa penjelasan saya ada yang kurang, saya mohon maaf kiranya hanya itu yang saya tahu tentang representasi sistem analog dan sistem digital. Semoga bermanfaat
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "REPRESENTASI SISTEM ANALOG DAN SISTEM DIGTAL"

Komentar Sobat Adalah Bentuk Kontribusi Untuk Kami