KELEBIHAN SISTEM DIGITAL

Pada masa mendatang , diperkirakan akan semakin banyak perangkat elektronik yang menggunakan sistem digital untuk menciptakan berbagai operasi yang sebelumnya menggunakan sistem analog. Hal ini dikarenakan sistem digital mempunyai beberapa kelebihan, diantaranya :

1.  Sistem digital secara umum lebih mudah dirancang. Hal ini disebabkan untai yang digunakan merupakan untai saklar, yang nilai pasti tegangan dan arus menjadi tidak penting, yang penting hanya kondisi yang terjadi, yaitu hidup (“1”) atau mati (“0”).

2.    Penyimpanan informasi lebih mudah. Hal ini dapat dilakukan oleh untai saklar khusus yang dapat menampung informasi dan mempunyai kemampuan mempertahankannya selama waktu yang diperlukan.

3.   Ketelitian lebih besar. Sistem digital dalat menangani banyak digit presisi yang diperlukan secara mudah dengan penambahan lebih banyak untai saklar. Dalam sistem analog, ketelitian selalu terbatas hingga tiga atau empat digit karena nilai tegangan dan arus secara langsung bergantung pada nilai komponen untai tersebut, dan terpengaruh nilai acak ( derau ).

4.  Operasi dapat diprogram. Merancang sistem digital yang beroperasinya dikendalikan oleh sekumpulan instruksinya tersimpan yang disebut program merupakan hal yang cukup mudah. Sistem analog dapat pula diprogram, tetapi variasi dan kerumitan operasi yang tersedia sangat terbatas.

5.    Untai digital lebih kebal terhadap derau. Dalam sistem digital, nilai pasti tegangan bukan merupakan hal yang penting, sehingga perubahan tegangan karena adanya derau bukan suatu hal yang penting bagi sistem sepanjang derau bukan suatu hal yang penting bagi sistem sepanjang derau tersebut tidak cukup besar untuk mengacaukan proses pembedaan kondisi hidup dan mati.


Isyarat digital lebih kebal terhadap derau

6.  Lebih banyak untai digital dapat dikemas dalam keping IC, untai analog mempunyai kemampuan untuk dikemas dalam teknologi IC, tetapi relatif lebih rumit, dan penggunaan komponen – komponen  yang tidak ekonomis untuk dipak ( kapasitor besar, resistor presisi, indikator, transformator) telah menghambat sistem analog untuk dipak dengan kerapatan tinggi.

Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "KELEBIHAN SISTEM DIGITAL"

Komentar Sobat Adalah Bentuk Kontribusi Untuk Kami